June 22

Beraneka Macam Pengorbanan Hewan Dalam Agama Islam

Udhiyah dan qurbani merupakan istilah Arab yang bisa dipertukarkan untuk penyembelihan kurban domba, kambing, sapi atau unta sebagaimana diamanatkan bagi umat Islam selama tamasya Islam Idul Adha. Penyembelihan kurban juga dijalankan setelah kelahiran si kecil, dalam hal ini disebut sebagai aqiqah, dan juga selama ritual haji, dalam hal ini disebut hadiy. Dalam segala kasus, penyembelihan semestinya dilaksanakan secara manusiawi cocok dengan pedoman Islam yang ketat pada binatang muda dan sehat yang bebas dari cacat seperti patah gigi atau tanduk atau kelainan bentuk jasmani lainnya. Kecuali itu, anda bisa mencoba jasa Aqiqah di Purwakarta kalau anda mencari jasa aqiqah terbaik di kawasan anda.

Penyembelihan Kurban – Bukan Seperti Yang Orang Awam Pikirkan

Konsep perjuangan mungkin menimbulkan gambaran dramatis tentang kekerasan pada hewan dan ritual rahasia, melainkan itu tak terjadi sama sekali dengan udhiyah. Penyembelihan kurban Islami umumnya tidak melibatkan keriuhan seremonial dan dilaksanakan dengan tenang dan simpel dengan sistem yang sama dengan penyembelihan Islami umum. Hal yang membedakan udhiyah, hadiy, dan aqiqah dari penyembelihan awam yaitu niat di baliknya. Penyembelihan Islami awam diaplikasikan setiap dikala untuk menerima daging, tetapi penyembelihan kurban terjadi sebagai perbuatan ibadah dan seringkali sebagai tindakan amal sebab beberapa daging udhiyah dan segala daging hadiy secara tradisional didistribusikan kepada yang memerlukan.

Konsep penyembelihan dengan tangan bisa menjadi hal yang tak nyaman bagi beberapa orang, khususnya bagi mereka yang terbiasa mendapatkan daging dari kios daging atau warung kelontong. Melainkan bagi mereka yang memelihara ternak sendiri untuk daging, itu merupakan bagian rutin dari gaya hidup swasembada atau homesteading. Penyembelihan dengan tangan juga yakni metode yang diamanatkan oleh agama untuk mendapatkan daging halal untuk orang Muslim.

Syarat untuk Memilih Binatang Perjuangan

Cuma binatang tertentu yang memenuhi prasyarat untuk penyembelihan kurban Islami. Sebagaimana ditentukan dalam Al-Qur\’an (6: 143-144), hewan-binatang termasuk domba, kambing, sapi, dan unta. Hewan hal yang demikian bisa berkelamin jantan atau betina dan wajib memenuhi syarat tertentu lainnya, yakni:

Hewan itu sehat tanpa cacat yang dikenal, seperti:

Seharusnya tidak buta atau mempunyai dilema mata.
Patut tidak sakit, dan tak kurus atau makan berlebihan.
Mesti tidak terluka atau lumpuh.
Hewan itu mesti bebas dari cacat fisik.
Binatang itu sudah menempuh kematangan jasmaniah.
Domba semestinya berusia setidaknya satu tahun, tapi apabila itu susah, setidaknya harus berusia 6 bulan.
Kambing patut berusia minimal satu tahun.
Sapi harus berusia setidaknya dua tahun.
Unta setidaknya sepatutnya berusia lima tahun.


Tags: ,
Copyright 2019. All rights reserved.

Posted June 22, 2019 by admin in category "Resources

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *